Kamis, 15 Oktober 2009

BI minta audit investigasi Century dituntaskan

Bank Indonesia mendukung BPK untuk menuntaskan audit investigasi Bank Century dengan dibantu Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) agar pemasalahannya menjadi tuntas.

Deputi Gubernur BI Budi Rochadi mendukung diadakan audit investigasi sampai aliran dana yang disuntikan kepada Bank Century sebesar Rp6,7 triliun.

"Terserah BPK nanti, sehingga kecurigaan ini keluar. Bisa juga melibatkan PPATK untuk mengetahui aliran dana kemana agar semuanya clear," ujarnya dalam seminar Bank Century: Siapa Dalang Siapa Korban? hari ini.

Menurut dia, sejauh ini audit investigasi belum tuntas dijalankan. Audit masih terbatas pada pengambilan kebijakan oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Untuk memastikan aliran dana talangan sebesar Rp6,7 triliun perlu diselidiki oleh PPATK.

Dia juga menyampaikan pengambilan kebijakan terkait dengan merger tiga bank menjadi Bank Century, waktu itu dilakukan oleh Anwar Nasution, Aulia Pohan dan Miranda S. Goeltom. Hal itu dikarenakan ketiganya berada di struktur BI sehingga mengharuskan mereka terlibat dalam mengambil keputusan.
"Memang struktur organisasinya kan seperti itu," ujarnya.

Pada saat itu Anwar Nasution menjadi Deputi Gubernur Senior dan Aulia Pohan menjadi Deputi Gubernur bidang pengawasan. "Untuk Bu Miranda kan menggantikan Pak Anwar," katanya.

Ekonom Tim Indonesia Bangkit Ichsanuddin Noorsy meminta audit investigasi perlu dilakukan secara mundur ke belakang, apakah ada unsur penyelewengan saat melakukan merger Bank Century.(hta)

0 komentar:

Posting Komentar